RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)
Satuan Pendidikan : SMAN 5 Sungai Penuh
Mata pelajaran : Bahasa
Indonesia
Materi Pokok : Teks
Eksposisi
Kelas/Semester : X/ 1
Alokasi Waktu : 4 JP (4 x
45 menit)
A. Kompetensi Inti (KI)
KI 1 Menghayati dan mengamalkan
ajaran agama yang dianutnya
KI 2 Menunjukkan perilaku jujur,
disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai),
santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai
permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan
alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI 3 Memahami, menerapkan,
menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa
ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora
dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah
KI 4 Mengolah, menalar, dan
menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan
B. Kompetensi Dasar dan Indikator
|
Kompetensi Dasar
|
Indikator
|
|
KD 3.3
Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan
rekomendasi), kebahasaan teks eksposisi yang didengar dan atau
dibaca
|
3.3.1 Menentukan struktur, isi
teks eksposisi yang dibaca dan didengar
3.3.2 Menentukan ciri-ciri
untuk menulis teks
eksposisi
dengan topik tertentu
3.3.3 Menentukan struktur
kebahasaan teks
eksposisi
yang dibaca
|
|
KD 4.3
Menganalisis struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
|
4.3.1 Menemukan ciri-ciri kebahasaan teks
eksposisi
4.3.2 Menganalisis kesalahan kebahasaan
teks
eksposisi
|
C. Tujuan Pembelajaran
Dengan penerapan model pembelajaran project based learning (pembelajaran
berbasis projek) siswa dapat bekerja mandiri, jujur dalam menentukan struktur,
isi teks eksposisi dan menentukan ciri kebahasaan teks eksposisi.
D. Materi Pembelajaran
1. Faktual
- Contoh Teks Eksposisi berjudul “Bahaya
Narkoba Bagi generasi Muda”
- video https://www.youtube.com/watch?v=JRFBReGcFCs
2. Konseptual
- Pemahaman struktur teks
eksposisi
- Pemahaman ciri-ciri teks
eksposisi
- Pemahaman ciri-ciri kebahasaan
teks eksposisi
- Pemahaman dalam menganalisis
kesalahan kebahasaan teks eksposisi
3. Prosedural
Langkah-langkah menyusun teks
eksposisi
- Menentukan topik
- Menentukan struktur teks
eksposisi
- Menulis teks eksposisi
- Menganalisis teks eksposisi
- Menyunting teks eksposisi
4. Metakognitif
Menyimpulkan keterkaitan
(relevansi) atas kemanfaatan pemahaman teks eksposisi terhadap kehidupan
E. Metode Pembelajaran
1. Pendekatan
Scientifik Learning
2. Metode
Diskusi
3. Model
- Inquiri Learning
F. Sumber Belajar
1. Buku Teks Kementrian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2016 berjudul “Buku Siswa, Bahasa
Indonesia Kelas X untuk SMA/MA/SMK/MAK”
2. Internet : https://www.youtube.com/watch?v=JRFBReGcFCs
G. Media/Alat dan Bahan
1. Media/Alat
Laptop, LCD Projector
2. Bahan
Teks Eksposisi berjudul “Bahaya
Narkoba Bagi generasi Muda”
Video
https://www.youtube.com/watch?v=JRFBReGcFCs
H. Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama (2 JP)
|
No
|
Uraian
Kegiatan
|
Alokasi
Waktu
|
|
1.
|
Kegiatan Pendahuluan
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tuhan dan saling
mendoakan. (PPK)
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan
pembelajaran sebelumnya.
3. Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keterkaitan
pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipelajari
dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks eksposisi.
|
10 menit
|
|
2.
|
Kegiatan Inti
1. Peserta didik membaca contoh teks eksposisi (LITERASI)
2. Guru mengemukakan ciri, struktur, kaidah yang berkenaan dengan teks
eksposisi dan kebahasaannya
3. Peserta didik mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan
teks eksposisi misalnya struktur, ciri teks eksposisi, ciri kebahasaan teks
eksposisi.
4. Peserta didik menuliskan
hal-hal yang ditemukan berkenaan dengan struktur, ciri, kebahasaan teks eksposisi.
5. Mengidentifikasi
definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah teks penulisan teks
eksposisi dari berbagai sumber referensi yang telah dibaca.
6. Mendiskusikan definisi, ciri,
jenis, struktur, dan kaidah teks teks eksposisi dari berbagai sumber
referensi yang telah dibaca
7. Membuat simpulan
definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah teks teks eksposisi
dari berbagai sumber
8. Mempresentasikan
definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks eksposisi.
9. Siswa lain menanggapi hasil
presentasi teks eksposisi.
|
70 menit
|
|
3.
|
Kegiatan Penutup
1. Peserta didik
melakukan konfirmasi dengan guru tentang hasil presentasi yang meliputi
definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks ekposisi.
2. Peserta didik
menerima penjelasan tugas membuat teks eksposisi dengan tema lingkungan.
|
10 menit
|
I.
Penilaian,
Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1. Teknik
Penilaian (terlampir)
a.
Sikap
-
Penilaian Observasi
Penilaian
observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari,
baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung
dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
|
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek
Perilaku yang Dinilai
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
|||
|
BS
|
JJ
|
TJ
|
DS
|
|||||
|
1
|
Soenarto
|
75
|
75
|
50
|
75
|
275
|
68,75
|
C
|
|
2
|
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
...
|
Keterangan
:
• BS : Bekerja Sama
• JJ : Jujur
• TJ : Tanggun Jawab
• DS : Disiplin
Catatan
:
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Cukup
25 = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai
dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap
yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
-
Penilaian Diri
Seiring
dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka
peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri.
Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan
terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan
dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan
merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan
oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
|
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode
Nilai
|
|
1
|
Selama
diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
|
50
|
|
250
|
62,50
|
C
|
|
2
|
Ketika
kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.
|
|
50
|
|||
|
3
|
Saya
ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
|
50
|
|
|||
|
4
|
...
|
100
|
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk
menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-
Penilaian Teman Sebaya
Penilaian
ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama
halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan
penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya.
Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :
Nama
yang diamati : ...
Pengamat
: ...
|
No
|
Pernyataan
|
Ya
|
Tidak
|
Jumlah
Skor
|
Skor
Sikap
|
Kode Nilai
|
|
1
|
Mau
menerima pendapat teman.
|
100
|
|
450
|
90,00
|
SB
|
|
2
|
Memberikan
solusi terhadap permasalahan.
|
100
|
|
|||
|
3
|
Memaksakan
pendapat sendiri kepada anggota kelompok.
|
|
100
|
|||
|
4
|
Marah
saat diberi kritik.
|
100
|
|
|||
|
5
|
...
|
|
50
|
Catatan
:
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk
pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan
Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan
jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal
dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01
– 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01
– 75,00 = Baik (B)
25,01
– 50,00 = Cukup (C)
00,00
– 25,00 =
Kurang (K)
b.
Pengetahuan
-
Tes tulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
-
Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi,
Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian
Aspek Percakapan
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Skala
|
Jumlah Skor
|
Skor Sikap
|
Kode Nilai
|
|||
|
25
|
50
|
75
|
100
|
|||||
|
1
|
Intonasi
|
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
|||
|
3
|
Kelancaran
|
|
|
|
|
|||
|
4
|
Ekspresi
|
|
|
|
|
|||
|
5
|
Penampilan
|
|
|
|
|
|||
|
6
|
Gestur
|
|
|
|
|
|||
-
Penugasan
Tugas Rumah
a. Peserta didik
menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b. Peserta didik
meminta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka
telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c. Peserta didik
mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan
penilaian.
c.
Keterampilan
-
Penilaian Unjuk Kerja
Contoh
instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian
keterampilan berbicara sebagai berikut:
Instrumen
Penilaian
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
Sangat
Baik
(100)
|
Baik
(75)
|
Kurang
Baik
(50)
|
Tidak
Baik
(25)
|
|
1
|
Kesesuaian respon
dengan pertanyaan
|
|
|
|
|
|
2
|
Keserasian pemilihan
kata
|
|
|
|
|
|
3
|
Kesesuaian penggunaan
tata bahasa
|
|
|
|
|
|
4
|
Pelafalan
|
|
|
|
|
Kriteria
penilaian (skor)
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor
yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)
Instrumen
Penilaian Diskusi
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
|
1
|
Penguasaan materi diskusi
|
|
|
|
|
|
2
|
Kemampuan menjawab pertanyaan
|
|
|
|
|
|
3
|
Kemampuan mengolah kata
|
|
|
|
|
|
4
|
Kemampuan menyelesaikan masalah
|
|
|
|
|
Keterangan
:
100 = Sangat Baik
75 = Baik
50 = Kurang Baik
25 = Tidak Baik
-
Penilaian Portofolio
Kumpulan
semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll
Instrumen Penilain
|
No
|
Aspek yang Dinilai
|
100
|
75
|
50
|
25
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
2. Instrumen
Penilaian (terlampir)
a.
Pertemuan
Pertama
b.
Pertemuan
Kedua
3. Pembelajaran
Remedial dan Pengayaan
a. Remedial
Bagi
peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru
bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)
Jelaskan
tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)
Jelaskan
tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga
Pemerintah Non Kementerian!
3)
Jelaskan
tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!
CONTOH PROGRAM REMIDI
Sekolah : ……………………………………………..
Kelas/Semester : ……………………………………………..
Mata
Pelajaran : ……………………………………………..
Ulangan
Harian Ke : ……………………………………………..
Tanggal
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Bentuk
Ulangan Harian : ……………………………………………..
Materi
Ulangan Harian : ……………………………………………..
(KD
/ Indikator) : ……………………………………………..
KKM : ……………………………………………..
|
No
|
Nama Peserta Didik
|
Nilai Ulangan
|
Indikator yang
Belum Dikuasai
|
Bentuk Tindakan
Remedial
|
Nilai Setelah
Remedial
|
Keterangan
|
|
1
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
|
|
|
|
|
|
|
4
|
|
|
|
|
|
|
|
5
|
|
|
|
|
|
|
|
6
|
|
|
|
|
|
|
|
dst
|
|
|
|
|
|
|
b. Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena
telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal).
Penugasan dapat diberikan dengan menjadikan tutor sebaya atau pembelajaran
kelompok tentang materi yang sudah dibahas.
Mengetahui Jambi,
19 Oktober 2017
Kepala Sekolah, Guru
Mata Pelajaran,
Drs. Wizril ROZI
FERNANDES, S.Pd.
NIP. 198705031989 NIP.198907012014021002
Tidak ada komentar:
Posting Komentar