Minggu, 05 November 2017

RPP BAHASA INDONESIA SMA KELAS X REVISI 2016

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Satuan Pendidikan    : SMAN 5 Sungai Penuh
Mata pelajaran          Bahasa Indonesia
Materi Pokok                        : Teks Eksposisi
Kelas/Semester         X/ 1
Alokasi Waktu          4 JP (4 x 45 menit)

A.      Kompetensi Inti (KI)
KI   1 Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya
KI   2 Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleransi, damai), santun, responsive, dan proaktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia
KI   3 Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingintahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah
KI   4 Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan

B.     Kompetensi Dasar dan Indikator
Kompetensi Dasar
Indikator
KD 3.3
Menganalisis struktur, isi (permasalahan, argumentasi, pengetahuan, dan rekomendasi), kebahasaan  teks eksposisi yang didengar dan atau dibaca
3.3.1 Menentukan struktur, isi teks eksposisi yang dibaca dan didengar
3.3.2 Menentukan ciri-ciri untuk menulis teks
         eksposisi dengan topik tertentu
3.3.3 Menentukan struktur kebahasaan teks
         eksposisi yang dibaca
KD 4.3
Menganalisis  struktur dan kebahasaan teks eksposisi.
4.3.1 Menemukan ciri-ciri kebahasaan teks
          eksposisi
4.3.2 Menganalisis kesalahan kebahasaan
          teks eksposisi

C.    Tujuan Pembelajaran
Dengan penerapan model pembelajaran project based learning (pembelajaran berbasis projek) siswa dapat bekerja mandiri, jujur dalam menentukan struktur, isi teks eksposisi dan menentukan ciri kebahasaan teks eksposisi.

D.    Materi Pembelajaran

1.      Faktual
-          Contoh Teks Eksposisi berjudul “Bahaya Narkoba Bagi generasi Muda”
-      video https://www.youtube.com/watch?v=JRFBReGcFCs

2.      Konseptual
-          Pemahaman struktur teks eksposisi
-          Pemahaman ciri-ciri teks eksposisi
-          Pemahaman ciri-ciri kebahasaan teks eksposisi
-          Pemahaman dalam menganalisis kesalahan kebahasaan teks eksposisi

3.      Prosedural
Langkah-langkah menyusun teks eksposisi
-          Menentukan topik
-          Menentukan struktur teks eksposisi
-          Menulis teks eksposisi
-          Menganalisis teks eksposisi
-          Menyunting teks eksposisi

4.      Metakognitif
Menyimpulkan keterkaitan (relevansi) atas kemanfaatan pemahaman teks eksposisi terhadap kehidupan

E.     Metode Pembelajaran

1.      Pendekatan
Scientifik Learning

2.      Metode
Diskusi

3.      Model
-          Inquiri Learning

F.    Sumber Belajar
1.      Buku Teks Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Tahun 2016 berjudul “Buku Siswa, Bahasa Indonesia Kelas X untuk SMA/MA/SMK/MAK”
2.      Internet : https://www.youtube.com/watch?v=JRFBReGcFCs

G.     Media/Alat dan Bahan

1.      Media/Alat
Laptop, LCD Projector

2.      Bahan
Teks Eksposisi berjudul “Bahaya Narkoba Bagi generasi Muda”
Video https://www.youtube.com/watch?v=JRFBReGcFCs








H.    Kegiatan Pembelajaran
      Pertemuan pertama (2 JP)

No
Uraian Kegiatan
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Pendahuluan
1. Peserta didik merespon salam tanda mensyukuri anugerah Tu­han dan saling mendoakan. (PPK)
2. Peserta didik merespon pertanyaan dari guru berhubungan dengan pembelajaran sebelumnya.
3. Peserta didik menerima informasi dengan proaktif tentang keter­kaitan pembelajaran sebelumnya dengan pembelajaran yang akan dilaksanakan.
4. Peserta didik menerima informasi tentang hal-hal yang akan dipela­jari dan dikuasai khususnya tentang pembelajaran teks eksposisi.
10 menit
2.
Kegiatan Inti
1.   Peserta didik membaca contoh teks eksposisi  (LITERASI)
2.   Guru mengemukakan ciri, struktur, kaidah yang berkenaan dengan teks eksposisi dan kebahasaannya
3.   Peserta didik  mengidentifikasi hal-hal yang berkaitan dengan teks eksposisi misalnya struktur, ciri teks eksposisi, ciri kebahasaan teks eksposisi. 
4.    Peserta didik menuliskan hal-hal yang ditemukan berkenaan dengan struktur, ciri, kebahasaan teks eksposisi.
5.  Mengidentifikasi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah teks penulisan teks eksposisi dari berbagai sumber referensi yang telah dibaca.
6.  Mendiskusikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah teks teks eksposisi dari berbagai sumber referensi yang telah dibaca
7.  Membuat simpulan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah  teks teks eksposisi dari berbagai sumber
8.  Mempresentasikan definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks eksposisi.
9. Siswa lain menanggapi hasil presentasi teks eksposisi.
70 menit
3.
Kegiatan Penutup
1.  Peserta didik melakukan konfirmasi dengan guru tentang hasil presentasi yang meliputi definisi, ciri, jenis, struktur, dan kaidah penulisan teks ekposisi.
2.  Peserta didik menerima penjelasan tugas membuat teks eksposisi dengan tema lingkungan.
10 menit

                                 
I.     Penilaian, Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
1.      Teknik Penilaian (terlampir)
a.    Sikap
-        Penilaian Observasi
Penilaian observasi berdasarkan pengamatan sikap dan perilaku peserta didik sehari-hari, baik terkait dalam proses pembelajaran maupun secara umum. Pengamatan langsung dilakukan oleh guru. Berikut contoh instrumen penilaian sikap
No
Nama Siswa
Aspek Perilaku yang Dinilai
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
BS
JJ
TJ
DS
1
Soenarto
75
75
50
75
275
68,75
C
2

...
...
...
...
...
...
...

Keterangan :
•   BS : Bekerja Sama
•   JJ : Jujur
•   TJ : Tanggun Jawab
•   DS : Disiplin

Catatan :
1. Aspek perilaku dinilai dengan kriteria:
100 = Sangat Baik
75    = Baik
50    = Cukup
25    = Kurang
2. Skor maksimal = jumlah sikap yang dinilai dikalikan jumlah kriteria = 100 x 4 = 400
3. Skor sikap = jumlah skor dibagi jumlah sikap yang dinilai = 275 : 4 = 68,75
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00   = Baik (B)
25,01 – 50,00   = Cukup (C)
00,00 –  25,00  = Kurang (K)

-        Penilaian Diri
Seiring dengan bergesernya pusat pembelajaran dari guru kepada peserta didik, maka peserta didik diberikan kesempatan untuk menilai kemampuan dirinya sendiri. Namun agar penilaian tetap bersifat objektif, maka guru hendaknya menjelaskan terlebih dahulu tujuan dari penilaian diri ini, menentukan kompetensi yang akan dinilai, kemudian menentukan kriteria penilaian yang akan digunakan, dan merumuskan format penilaiannya Jadi, singkatnya format penilaiannya disiapkan oleh guru terlebih dahulu. Berikut Contoh format penilaian :
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Selama diskusi, saya ikut serta mengusulkan ide/gagasan.
50

250
62,50
C
2
Ketika kami berdiskusi, setiap anggota mendapatkan kesempatan untuk berbicara.

50
3
Saya ikut serta dalam membuat kesimpulan hasil diskusi kelompok.
50

4
...
100

Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 4 x 100 = 400
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (250 : 400) x 100 = 62,50
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00   = Baik (B)
25,01 – 50,00   = Cukup (C)
00,00 –  25,00  = Kurang (K)
5. Format di atas dapat juga digunakan untuk menilai kompetensi pengetahuan dan keterampilan
-        Penilaian Teman Sebaya
Penilaian ini dilakukan dengan meminta peserta didik untuk menilai temannya sendiri. Sama halnya dengan penilaian hendaknya guru telah menjelaskan maksud dan tujuan penilaian, membuat kriteria penilaian, dan juga menentukan format penilaiannya. Berikut Contoh format penilaian teman sebaya :

Nama yang diamati      : ...
Pengamat                : ...
No
Pernyataan
Ya
Tidak
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
1
Mau menerima pendapat teman.
100

450
90,00
SB
2
Memberikan solusi terhadap permasalahan.
100

3
Memaksakan pendapat sendiri kepada anggota kelompok.

100
4
Marah saat diberi kritik.
100

5
...

50



Catatan :
1. Skor penilaian Ya = 100 dan Tidak = 50 untuk pernyataan yang positif, sedangkan untuk pernyataan yang negatif, Ya = 50 dan Tidak = 100
2. Skor maksimal = jumlah pernyataan dikalikan jumlah kriteria = 5 x 100 = 500
3. Skor sikap = (jumlah skor dibagi skor maksimal dikali 100) = (450 : 500) x 100 = 90,00
4. Kode nilai / predikat :
75,01 – 100,00 = Sangat Baik (SB)
50,01 – 75,00   = Baik (B)
25,01 – 50,00   = Cukup (C)
00,00 –  25,00  = Kurang (K)

b.   Pengetahuan
-        Tes tulis Uraian dan atau Pilihan Ganda
-        Tes Lisan/Observasi Terhadap Diskusi, Tanya Jawab dan Percakapan
Praktek Monolog atau Dialog
Penilaian Aspek Percakapan
No
Aspek yang Dinilai
Skala
Jumlah Skor
Skor Sikap
Kode Nilai
25
50
75
100
1
Intonasi







2
Pelafalan




3
Kelancaran




4
Ekspresi




5
Penampilan




6
Gestur




-        Penugasan
Tugas Rumah
a.  Peserta didik menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku peserta didik
b.  Peserta didik meminta tanda tangan orangtua sebagai bukti bahwa mereka telah mengerjakan tugas rumah dengan baik
c.  Peserta didik mengumpulkan jawaban dari tugas rumah yang telah dikerjakan untuk mendapatkan penilaian.

c.    Keterampilan
-        Penilaian Unjuk Kerja
Contoh instrumen penilaian unjuk kerja dapat dilihat pada instrumen penilaian ujian keterampilan berbicara sebagai berikut:

Instrumen Penilaian
No
Aspek yang Dinilai
Sangat
Baik
(100)
Baik
(75)
Kurang
Baik
(50)
Tidak
Baik
(25)
1
Kesesuaian respon dengan pertanyaan




2
Keserasian pemilihan kata




3
Kesesuaian penggunaan tata bahasa




4
Pelafalan





Kriteria penilaian (skor)
100    = Sangat Baik
75      = Baik
50      = Kurang Baik
25      = Tidak Baik
Cara mencari nilai (N) = Jumalah skor yang diperoleh siswa dibagi jumlah skor maksimal dikali skor ideal (100)

Instrumen Penilaian Diskusi
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1
Penguasaan materi diskusi




2
Kemampuan menjawab pertanyaan




3
Kemampuan mengolah kata




4
Kemampuan menyelesaikan masalah





Keterangan :
100    = Sangat Baik
75      = Baik
50      = Kurang Baik
25      = Tidak Baik

-        Penilaian Portofolio
Kumpulan semua tugas yang sudah dikerjakan peserta didik, seperti catatan, PR, dll

Instrumen Penilain
No
Aspek yang Dinilai
100
75
50
25
1





2





3





4






2.      Instrumen Penilaian (terlampir)
a.    Pertemuan Pertama
b.    Pertemuan Kedua

3.      Pembelajaran Remedial dan Pengayaan
a.      Remedial
Bagi peserta didik yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM), maka guru bisa memberikan soal tambahan misalnya sebagai berikut :
1)      Jelaskan tentang Sistem Pembagian Kekuasaan Negara!
2)      Jelaskan tentang Kedudukan dan Fungsi Kementerian Negara Republik Indonesia dan Lembaga Pemerintah Non Kementerian!
3)      Jelaskan tentang Nilai-nilai Pancasila dalam Penyelenggaraan pemerintahan!




















CONTOH PROGRAM REMIDI

Sekolah                           :  ……………………………………………..
Kelas/Semester               :  ……………………………………………..
Mata Pelajaran                :  ……………………………………………..
Ulangan Harian Ke         :  ……………………………………………..
Tanggal Ulangan Harian :  ……………………………………………..
Bentuk Ulangan Harian  :  ……………………………………………..
Materi Ulangan Harian   :  ……………………………………………..
(KD / Indikator)             :  ……………………………………………..
KKM                              :  ……………………………………………..

No
Nama Peserta Didik
Nilai Ulangan
Indikator yang Belum Dikuasai
Bentuk Tindakan Remedial
Nilai Setelah Remedial
Keterangan
1






2






3






4






5






6






dst







b.      Pengayaan
Guru memberikan nasihat agar tetap rendah hati, karena telah mencapai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penugasan dapat diberikan dengan menjadikan tutor sebaya atau pembelajaran kelompok tentang materi yang sudah dibahas.


Mengetahui                                                                           Jambi, 19 Oktober  2017
Kepala Sekolah,                                                                    Guru Mata Pelajaran,




Drs. Wizril                                                                               ROZI FERNANDES, S.Pd.

NIP. 198705031989                                                               NIP.198907012014021002

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEKS EKSPOSISI DAN PENJABARAN NYA

Teks Eksposisi  Sebelum kita memulai membahas satu per satu, apakah kalian tahu apa itu teks eksposisi? Teks eksposisi adalah sebuah kara...